Apa Arti CJNE ? Belajar Pemrograman Mikrokontroler

Setlah kemarin membahas tentang apa arti perintah DJNZ, kali ini saya mencoba menulis tentang apa arti CJNE ? CJNE itu tersusun dari kata Compare Jump Not Equal, mungkin kepanjangan CJNE tersusun dari kata-kata itu, Apa maksud dari CJNE itu ?

CJNE adalah perintah yang digunakan untuk membandingkan, Jika tidak sama maka akan melompat ke. Jadi dalam perintah CJNE ada 3 variable, yang dibandingkan, sebagai pembanding, dan tujuan lompatan. Lha kalau CJNE itu maksudnya membandingkan, jika tidak sama akan melompat, bagaimana jika sama ? ya tentu saja program akan berjalan ke list program berikutnya. 

Contoh Program untuk penggunaan CJNE adalah sebagai berikut :

CJNE    P1,#11110000B,BANDING2
MOV    P2,#11111100b

Maksudnya kalau bisa saya terjemahkan adalah sebagai berikut, ini adalah terjemahan bebas sesuai pemahaman saya, yaitu bandingkan nilai Port 1 dengan 11110000b, jika tidak sama, maka program melompat ke BANDING2, jika sama program jalan terus mengeksekusi pemberian nilai port 2 dengan 11111100b.

Penggunaan CJNE biasanya di gunakan unutk membaca saklar atau sensor, apakah saklar dipencet atau tidak, ataukah sensor memberi inputan atau tidak. Nah bagaimana ? Sudah mudeng kan apa arti perintah CJNE dan bagaimana menggunakan perintah CJNE ? Tetep semangat ya untuk belajar mikrokontroler ya

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Program LED Geser Kanan Kiri - Instruksi RR/RL

Apa arti DJNZ ? Pemrograman Mikrokontroler AT89S51