Membuat Program LED Geser Kanan Kiri - Instruksi RR/RL

Belajar Pemrograman mikrokontroler kali ini akan menulis tentang membuat program lampu led geser kanan dan kiri pada mikrokontroler AT89S51. Untuk membuat lampu LED geser kanan dan kiri kita bisa membuat program secara manual atau bisa juga menggunakan perintah RL/RR pada program mikro yang kita buat.

Perintah RL/RR pada mikrokontroler adalah perintah untuk memerintahkan menggeser 1. RR kepanjangan dari rotation right, sedang RL kepanjangan dari rotation Left. Berarti untuk menggeser lampu led ke kanan kita gunakan RR, sedang agar lampu led geser ke kiri menggunakan perintah RL.

Dalam video diatas adalah contoh program untuk membuat program lampu led geser ke kiri, karena menggunakan RL, kalau ingin menggeser kekanan tinggal ganti RL menjadi RR. Gampang bukan ? Coba kamu berlatih sendiri untuk program lampu geser kanannya, bisa kan ?

Jadi sudah tahu kan arti dari perintah atau instruksi program RR dan RL, Apa coba arti perintah RR dan RL ? Dibawah ini adalah perbandingan membuat program mikrokontroler untuk lampu led geser dengan manual dan instruk si RR/RL :


Comments

Popular posts from this blog

Apa Arti CJNE ? Belajar Pemrograman Mikrokontroler

Apa arti DJNZ ? Pemrograman Mikrokontroler AT89S51