Untuk Apa Belajar Pemrograman Mikrokontroler

Untuk apa belajar pemrograman mikrokontroler ? Nah untuk pertanyaan ini, jawabannya sangat banyak sekali, pada intinya agar kita bisa membuat sebuah alat bantu hasil kreasi mikrokontroler yang akan memudahkan kehidupan kita. Karena pemrograman mikrokontroler batasannya adalah imajinasi kita.


misalnya kita mau membuat mainan, kita bisa membuat mainan pengikut garis, atau kita bisa menggunakan pemrograman mikro untuk mengotomatisasi rumah kita, misal ketika mobil datang, maka pintu pagar terbuka sendiri, ketika sudah masuk mobilnya, pintu pagar rumah terbuka sendiri. kemudian ketika kita mau masuk pintu, kita bisa menggunakan kunci sidik jari untuk membuka pintu, kemudian ketika kita sudah masuk kepintu, kita bisa membuat lampu rumah menyala sendiri di setiap ruang yang ada orangnya, dan ac menyala otomatis. Untuk kemananan rumah kita bisa menggunakan pemrograman mikro untuk membuat alarm rumah. Dan lain lain.

Pemrograman mikro adalah logika atau cara berpikir pembuat program yang bersumber dari pengetahuan pembuat program agar bisa di jadikan sebagai pengetahuan buatan oleh sebuah sistem alat tertentu. Karena pemrograman mikro ini hanya cara berpikir, ibaratnya ini adalah otaknya, tentu saja kita membutuhkan mekanika alat sebagai aktuator atau output dari otak tersebut dan sensor atau input sebagai masukan datanya.

Seperti tubuh kita, agar kita bisa membuka pintu, otomatis mata kita harus melihat pintu, lalu otak kita menangkap pintu dalam keadaan tertutup, dan otak memerintahkan tangan kita untuk bergerak meraih handle pintu dan membukanya.

Dalam aplikasi membuat alar rumah dengan mikrokontroler, kita membutuhkan sensor yang akan mendeteksi apakah ada maling atau tidak secara kerangka berpikir. Kita bisa menggunakan sensor cahaya, ketika sensor cahaya tersebut terputus, berarti ada sesuatu yang menghalangi sinar dari sensor cahaya tersbut, entah apa, tetapi ini kita konsepkan kepada keceradan sistem kita kalau ada yang terputus itu berarti ada orang yang sedang berjalan melewati sensor cahaya dan itu maling. IC mikro akan menangkap itu sebagai sebuah masukan bahwa ada maling masuk, sehingga IC mikro akan memerintahkan alarm rumah untuk berbunyi. 

Dalam perusahaan pabrik, mungkin mikro ini perannya digantikan oleh PLC, pada intinya sama, baik mikro atau PLC adalah sebagai otak dari sistem alat, tetapi yang berperan adalah pembuat program atau pengisi program ke dalam mikro atau PLC tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Program LED Geser Kanan Kiri - Instruksi RR/RL

Apa Arti CJNE ? Belajar Pemrograman Mikrokontroler

Apa arti DJNZ ? Pemrograman Mikrokontroler AT89S51