Belajar Membuat Program Dengan Input

Belajar membuat dengan input dalam pemrograman mikrontroler AT 89S51 menggunakan bahasa assembler sangat menyenangkan. Beberapa contoh pemrograman dengan inputan untuk pemula ketika berlatih membuat program untuk mikrokontroler AT 89 S51 adalah dengan membuat program dengan sklar. Dimana Saklar bisa digunakan untuk menyalakan lampu dan mematikan lampu.


Beberapa kali blog belajar pemrograman mikrontroler menulis latihan pemrograman saklar, seperti yang pernah di tulis dalam artikel berjudul "Berlatih Membuat Program Tombol" Ketika kita berlatih membuat program tombol, maka kita harus bisa mengidentifikasi letak inputannya, maksud saya tombol diletakan di port berapa. Dengan mengetahui letak port input tombolnya, ini akan memudahkan kita ketika harus memindahkan port tersebut ke akulumulator.

Untuk berlatih dasar kita bisa berlatih membuat program tombol, kemudian selanjutnya dikembangkan dengan sensor, misal sensor cahaya dan sebagainya. Sementara penggunaan sensor cahaya bisa kita aplikasikan ketika kita berlatih membuat program alarm rumah, Sementara jika kita berlatih membuat alarm mobil sendiri dengan mikrokontroler at89 s51, maka fungsi input tombol bisa kita aplikasikan dengan saklar pintu. Dimana jika pintu terbuka maka skalar pintu akan menyambung, sedang jika pintu tertutup saklar pintu akan terputus. 

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan mikrokontroler AT 89 S 51 ini, maka teruslah berlatih dari berbagai referensi.

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Program LED Geser Kanan Kiri - Instruksi RR/RL

Apa Arti CJNE ? Belajar Pemrograman Mikrokontroler

Apa arti DJNZ ? Pemrograman Mikrokontroler AT89S51